Ciri-Ciri Pria dan Ciri-Ciri Wanita

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Puja puji yang setinggi – tingginya ku persembahkan kehadirat Allah Azza Wajallah yang telah mengatur sebaik-baiknya permasalahan dengan kitab sucinya yang mulia.

Tulisan yang serba sederhana ini adalah mengenai ciri-ciri pria dan ciri-ciri wanita, disamping pria yang sederajat sering menjadi persoalan dikalangan kaum terpelajar barat.

Dan mudah-mudahan kita sekalian dianugerahi Allah SWT taufik dan hidayahnya dalam rangka menuju keridhoan Allah dan rasulnya.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang saya angkat dalam makalah ini adalah :

1. Ciri-ciri Apa saja yang ada pada Pria

2. Ciri-ciri Apa saja yang ada pada Wanita

3. Apa saja perkembangan fisik remaja itu?

4. Apa saja keanekaragaman perubahan proporsi tubuh ?

5. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik ?

1.3 Tujuan Penelitian

1. Agar para mahasiswa mampu mengetahui ciri-ciri pria dan ciri – ciri wanita

2. Melatih para mahasiswa untuk berpikir secara kritis jadi tidak hanya mengikut saja, akan tetapi juga dapat mengemukakan pendapatnya.

3. Menuntut para mahasiswa untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi tujuan hidupnya di dunia.

1.4 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah supaya kita khususnya mahasiswa / mahasiswi STAI Tafaqquh Fiddin maupun pembaca lainnya lebih mengerti satu sama lain baik antara pria dengan wanita maupun wanita dengan pria.

Pria dan wanita mempunyai perbedaan atau ciri-ciri tersendiri, meski begitu kita harus bersyukur dan saling menghargai karena tidak bisa di pungkiri bahwa kita hidup untuk saling melengkapi dan membutuhkan.

Hidup ini harus di jalankan dengan saling menghargai, penulis sangat berharap setelah membuat Makalah ini kita para pembaca atau mahasiswa/ mahasiswi bisa lebih mengerti dan memahami tentang betapa harus menghormati antara sesama.

Semua Makhluk Allah SWT tak luput dari kesalahan dan tidak ada yang bisa berdiri sendiri maksud penulis disini bahwa makhluk Allah terutama manusia hidup saling membutuhkan satu sama lain maka dari itu kita sesama makluk tuhan harus bersyukur dan menghargai ciptaannya baik kita sesama manusia yaitu antara pria dan perempuan maupun dengan makhluk-makluk yang lainnya.

Penulis sangat berharagap semoga penelitian ini bukan hanya menambah wawasan para penulis dan para pembaca tapi juga bisa di praktekkan di kedidupan sehari hari tanpa memandang dari sudut perbedaan karena kita semuanya di mata Allah SWT adalah sama.

BAB II

CIRI-CIRI PRIA DAN CIRI-CIRI WANITA

2.1 Ciri-Ciri Pria Dilihat Dari Fisiknya

Bagi seseorang yang sudah mendalami ilmu biologi, dia tahu benar bahwa kejadian tubuh pria sangat berbeda dari kaum wanita, baik dalam keadaan tulang-tulangnya maupun ototnya, demikian juga dalam urat syarafnya. Oleh karena itu maka kelihatanlah kaum pria lebih tegap tubuhnya, lebih kuat fisiknya, lebih keras buku-bukunya, sehingga ia kelihatan gagah perkasa.

Keadaan yang demikian menyebabkan kaum kaum pria lebih tahan bekerja keras membanting tulang, lebih mampu mengangkat suatu yang berat dan bergulat dengan binatang buas, serta lebih sanggup mengerjakan pekerjaan keras dan yang keras, sebagian bukti dapat dilihat dalam buruh-buruh pelabuhan, buruh-buruh pertambangan dan buruh-buruh pabrik-pabrik pengangkutan-pengangkutan yang terdiri dari berbagai besi dan logam.

2.2 Ciri-Ciri Wanita Dilihat Dari Fisiknya

Bagi setiap yang suka memperhatikan bentuk tubuh wanita yang banyak sekali perbedaannya dengan bentuk kaum pria dapat disaksikan bahwa tubuh kaum wanita adalah lemah dan tidak bertenaga. Sehingga ia mengalami kesukaran dalam pekerjaan - pekerjaan yang kasar seperti menebang kayu-kayu yang besar, membelah batu-batu yang besar. Oleh karena itu maka agak sukar bagi kita mencari buruh-buruh wanita dalam pelabuhan – pelabuhan dan pabrik-pabrik raksasa yang sifatnya membutuhkan dan pabrik-pabrik raksasa yang sifatnya membutuhkan tenaga dan kekuasaan fisik.

Demikian Allah menjadikan makhluknya ini berpasang-pasangan, disamping sudah ada makhluk-makhluk nya yang suka lagi perkasa dijadikannya disampingnya makluknya yang lemah gemulai, sehingga yang lemah tetap mencari perlindungan di bawah lingkungan yang kuat serta pihak yang kuat serta memberikan perlindungan kepada si lemah.

Demikian disinyalir dari firman Tuhan yang berbunyi :

Yang maksudnya kira kira :

Kami ciptakan manusia berpasang-pasangan, disamping laki-laki dan perempuan, disamping kaum lemah ada kaum kuat.

2.3 Ciri-Ciri Masa Remaja Pria dan Wanita

Ciri utama bahwa seseorang itu memasuki masa remaja adalah terjadinya “menarche” (menstruasi pertama) bagi wanita, dan “noctural emissions” (mimpi jimak pertama kalinya) bagi laki-laki. Sedangkan ciri-ciri tersebut merupakan kriteria pubertas yang umum. Akibat dari masa pubertas tersebut muncul pada perubahan sikap dan perilaku remaja yaitu ingin menyendiri, sering bertengkar dengan teman-teman dan anggota keluarga, sering melamun, dan bereksperimen seks, pembosan sehingga prestasinya di berbagai bidang menurun, kikuk karena dipengaruhi oleh pertumbuhan yang pesat dan tidak seimbang, emosi meninggi, karena pada masa ini anak merasa khawatir, gelisah, dan cepat marah, sedih dan suasana hati yang negatif sangat sering terjadi selama masa pra-haid dan awal periode haid bagi wanita.

2.4 Perkembangan Fisik Remaja Pria dan Wanita

1. Fase Pra-Remaja yaitu :

a. Pertumbuhan badan sangat cepat. Wanita nampak lebih cepat daripada laki-laki, sehingga dapat menyebabkan seks antagonisme (terjadi saling menjauhi bahkan bermusuhan)

b. Pertumbuhan anggota badan dan otot-otot sering berjalan tak seimbang, sehingga dapat menimbulkan kekakuan dan kekurangan serasian (canggung).

c. Seks primer dan skunder mulai berfungsi dan produktif, ditandai dengan mimpi pertama bagi laki-laki, dan menstruasi pertama bagi perempuan.

2.5 Perbedaan-Perbedaan Hak dan Kewajiban Pria dan Wanita

Disamping banyak persamaan pria dan wanita baikd alam fisik atau mentalnya maka sudah barang tentu di samping itu ada pula perbedaan-perbedaanya. Tetapi yang sudah jelas persamaannya adalah lebih banyak dari perbedaannya.

Justru karena itu maka hak dan kewajiban dua jenis itu di samping ada persamaannya ada pulang perbedaannya. Untuk itu marilah kita ikuti uraian tentang perbedaan-perbedaan dimaksud sebagai berikut :

1. Kaum pria dalam hal ini suami atau ayah berkewajiban membiayai sang istrik dan anak-anaknya baik yang berkenaan dengan pendidikannya atau pun kebutuhannya sehari-hari yang terdiri dari lima P yaitu :

a. Pangan d. Pendidikan

b. Pakaian e. Pengobatan

c. Perumahan

2. Kaum wanita dalam hal ini istri wajib taat ke pada sang suami dalam batas-batas tertentu, maka ia berdosa apabila ia durhaka kepada suaminya. Tetapi sang suami tidak mengenal istilah taat dan durhaka kepada istri.

3. Kaum pria dibolehkan menikahi empat orang perempuan sekaligus apabila ia akan dapat berlaku adil terhadap pada istrinya.

4. Kaum wanita yang menjanda karena meninggal suami atau akibat perceraian diharuskan lebih dahulu beribadah yakni menunggu lewatnya waktu yang sudah ditentukan yaitu tiga bulan atau tiga kali suci. Maka baru boleh ia menikah tetapi sang pria dalam hal ini suami tidak mengenal sedikitpun mengenai peristilahan iddah ini.

5. Kaum pria boleh saja mengadakan perjalanan jauh dan dekat tanpa diikuti siapapun, tetapi kaum wanita tidak dibolehkan sama sekali melakukan perjalanan jauh tanpa diikuti oleh muhrim atau suaminya.

6. Kaum pria setelah dengan melalui berbagai pertimbangan kemashlahatan dapatlah ia menyatakan talak istrinya. Sebaliknya kaum wanita dalam hal ini kaum istri tidak berhak sama sekali menolak suaminya.

7. Kaum pria diwajibkan melakukan sholat Jum’at, tetapi kaum wanita tidak diwajibkan

8. Apabila keadaan memaksa melakukan peperangan diluar wilayah kita, wajiblah kaum pria ikut serta dalam peperangan itu, adapun kaum wanita tidak dikenakan kewajiban tersebut.

9. Kaum lelakai syah menjadi imam bagikaum perempuan dan tidak syah sebaliknya.

10. Kaum wanita dalam kewarisan mempunyai bahagian tertentu sedang kaum lelaki hanya menerima sisa-sisa dari yang ditentukan untuk kaum wanita.

BAB III

PENUTUP

Sesuai dengan keterangan saya pada pendahuluan maka tulisan ini kami akhirilah dengan suatu penutup yang berisikan kesimpulan dan saran.

3.1 Kesimpulan

Di bawah ini penulis akan menyajikan kesimpulan-kesimpulan yang telah diperoleh dari bab-bab yang telah lalu seperti di bawah ini :

1. Insan terdiri dari dua jenis pria dan wanita

2. sebagai akibat dari perbedaan-perbedaan ciri-ciri khas dua jenis itu terjadilah perbedaan perbedaan hak-hak dan kewajiban antara kedua jenis itu yang berjumlah lebih sepuluh masalah.

3.2 Saran

Di bawah ini penulis ingin menyampaikan sasaran-sasaran dan sarjana-sarjana Islam dalam hal-hal tersebut :

1. Hendaklah setiap IAIN mendiskusikan persoalan yang menjadi pokok dalam urusan ini yang kemudian disusul dengan diskusi antara IAIN se Indonesia.

2. Supaya mahasiswa/mahasiswi lebih menghargai orang yang berbeda kodratnya.

3. Agar kita lebih memahami manfaat dan perbedaan satu sama lain.



4 komentar:

ciwir 20 Juli 2009 09.46  

kok sarannya itu lho...
kayake kok nggak nyambung gitu...

Andy MSE 21 Juli 2009 20.35  

2.5 poin 4: ada yang salah ketik tuh... iddah bukan ibadah, di akhir paragraf malah sudah bener..
Tks sharingnya Ariebae!

Daiichi 22 Juli 2009 01.49  

Salam kenal...
ini adalah postingan terpanjang yang pernah saya baca.. salut dan lanjutkan ^_^

Daiichi 22 Juli 2009 01.51  

Salam kenal..
Ini adalah postingan terpanjang yang pernah saya baca. BTW saya print dulu boleh kan..
Lanjutkan dan tetap semangat ^_^

Jempolnya Dong...!!!

yahooo misengeR

Pengikut


widgeo
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Gratisan Musik

About this blog



Sebagai kuli ngetik,,,
nyaris tiap hari rie mijitin ne keyboard,,,
**bahkan kata nyaris bisa dihilangkan**
makanya @rie ^bergiat^ buat blog biar apa yg @den kerjakan setiap hari bisa bermanfaat juga u/ org laen...
tapi g' semua yg kita ketik kita postingin disini,,,
harus melalui tahap seleksi dulu donk...
^g' mungkin kale surat cere d publicasikan^
he_3
*moga artikelnya bermanfaat* (cozy) enjoy to my blog,,,,

about me,,, ariebae <~ http://ariebae.co.cc