X IPS


Met siang semua,,, ne postingan yg ke 7 di bulan Mei ini rasanya lega bgd klo kerjaan da selesai yg pastinya setiap org pasti memiliki rasa tanggung jawab masing2 dg pekerjaan itu @rie termasuk salah satu orang yg bertanggung jawab dengan pekerjaan.. makanya setelah semua kerjaan selese ,, baru bisa dipilih mana yg musti di postingin ke my blog truz rie juga ngucapin makasi buat para pengunjung yg telah memberikan support buat rie **semoga artikelnya bermanfaat** bagi yg sempat baca ne artikel don’t forget comentarnya y semoga kalian selalu bahagia


KEGIATAN EKONOMI DAN PELAKUNYA

&

PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI

ª Kegiatan Ekonomi dan Pelakunya

A. KEGIATAN EKONOMI

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan dalam bidang ekonomi. Secara umum, kegiatan ekonomi meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi.

1. Produksi

a. Pengertian Produksi

Produksi adalah kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah faedah suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan fungsi barang.

· Produksi Barang

Produksi barang selanjutnya dapat dibedakan atas produksi barang konsumsi dan produksi barang modal. Barang konsumsi merupakan barang yang siap untuk dikonsumsi, sedangkan barang modal merupakan barang yang dipergunakan untuk menghasilkan barang berikutnya.

· Produksi Jasa

Film, perawatan dokter, pengajaran dari seorang guru, atau pagelaran musik merupakan contoh produksi jasa yang langsung memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengangkutan, pergudangan, dan perbankan merupakan contoh produksi yang secara tidak langsung memenuhi kebutuhan.

b. Tujuan kegiatan produksi

Secara umum tujuan produksi adalah memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran.

Dalam kegiatan produksi ada beberapa pihak yang terkait. Pertama adalah pihak yang menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa yang kita sebut sebagai produsen. Sedangkan pihak yang kedua adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa yaitu konsumen. Karenanya, tujuan produksi juga dapatdilihat secara khusus tujuan produksi adalah untuk meningkatkan keuntungan serta menjaga kesinambungan kehidupan perusahaan.

2. Distribusi

a. Pengertian distribusi

Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa-jasa darip rodusen ke konsumen.

b. Tujuan kegiatan distribusi

Tujuan distribusi adalah untuk menyampaikan barang dan jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai.

c. Fungsi kegiatan distribusi

Peranan atau fungsi distribusi adalah sebagai berikut.

1. Memperlancar arus penyaluran barang dan jasa kepada pengguna-pengguna dapat berupa produsen yang menggunakan bahan dasar maupun pengguna akhir

2. Menyampaikan barang dan jasa dari produsen sampai ke tangan pengguna.

d. Saluran distribusi

Karena perbedaan saluran, keadaan, dan karakteristik yang berbeda maka saluran barang-barang konsumsi, barang-barang hasil industri dan barang hasil pertanian.

1. Saluran distribusi barang konsumsi

· Distribusi langsung yaitu produsen langsung menyalurkannya kepada konsumen

· Distribusi tidak langsung yaitu produsen memakai perantara dalam penyaluran.

2. Saluran distribusi hasil industri

Karena kekhasan atau karakteristik barang industri, yang lebih tahan lama dan diproduksi dalam jumlah banyak (saluran distribusi yang dipilih indirect) maka penyaluran barang industri menggunakan saluran yang berbeda dengan barang konsumsi yang relatif tidak tahan lama (saluran yang dipilih biasanya direct). Secara umum, penyaluran barang industri menggunakan empat saluran yaitu :

· Produsen – agen – distributor hasil industri – pemakaihasil industri

· Produsen – agen – pemakai hasil industri

· Produsen – distributor hasil industri – pemakai hasil industri

· Produsen – pemakai hasil industri

3. Saluran distribusi hasil pertanian

Dibandingkan dengan hasil industri, hasil pertanian mempunyai karakteristik yang berbeda. Hasil industri umumnya terkumpul dalam jumlah yang relatif besar jumlahnya sedangkan hasil pertanian terbesar dalam jumlah-jumlah yang relatif kecil. Oleh karena itu, untuk keperluan distribusi diperlukan pedagang pengumpul yang disebut tengkulak. Kecuali kegiatan pertanian lahan yang diolah secara luas, di mana hasilnya dalam jumlah besar maka saluran distribusi hampir sama dengan perusahaan industri.

Secara umum saluran distribusi hasil pertanian secara kecil-kecil adalah :

· Petani – langsung ke pemakai

· Petani – tengkulak – ke pemakai

· Petani – tengkulak – grosir – pedagang kecil – pemakai

· Petani – pasar swalayan – pemakai

3. Konsumsi

a. Pengertian konsumsi

Dalam ilmu ekonomi, konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya.

b. Tujuan kegiatan konsumsi

Tujuan kegiatan konsumsi adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selanjutnya pihak-pihak yang melakukan kegiatan ekonomi itu disebut pelaku ekonomi.

B. PELAKU EKONOMI

1. Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi akan diuraikan secara lebih rinci.

a. Rumah tangga keluarga

Ada dua peran yang dimainkan oleh rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi. Pertama adalah sebagai konsumen. Sebagai konsumen, rumah tangga keluarga membeli barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain berperan sebagai konsumen. Rumah tangga keluarga juga berperan sebagai penyedia jasa factor profuksi. Factor produksi yang dimaksudkan berupa tenaga kerja, tanah, ataupun modal. Dari factor-faktor produksi tersebut, rumah tangga keluarga memperoleh penghasilan untuk membeli barang dan ajsa sebagai pemuas kebutuhan.

b. Rumah tangga produsen

Rumah tangga produsen, atau sering disebut sebagai perusahaan, merupakan kesatuan yuridis dan ekonomis dari factor-faktor produksi yang bertujuan mencari laba atau memberil ayanan kepada masyarakat.

Perusahaan dapat dibedakan atas perusahaan milik Negara dan perusahaan milik swasta. Perusahaan Negara pada umumnya menekankan layanan kepada masayrakat tanpa bertujuan mencarilaba. Perusahaan swasta dan perusahaan Negara berbentuk persero hampir sebagian besar bertujuan mencari laba.

c. Pemerintah

Pada pasal 33 ayat 2 UUD 1945 tertulis : “Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.” Selanjutnya pada Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 disebutkan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Atas dasar Pasal 33 ayat 2 dan 3 tersebut, pemerintah harus bertindak sebagaip elaku ekonomi. Atas dasar pasal itu pula pemerintah mendirikan berbagai Badan Usaha Milik Negara, misalnya Pertamina. Di samping itu, pemerintah juga melakukan kegiatan konsumsi. Konsumsi itu dapat terlihat misalnya pada belanja barang untuk penyelenggaraan Negara dan biaya untuk perawatan harta Negara.

Selain itu, pemerintah juga ikut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tugas ini diwujudkan dengan berbagai tindakan antara lain membangun sarana danp rasarana umum seperti jalan raya, jembatan, terimal, dan taman umum. Peran pemerintah lainnya yang tak kalah penting adalah melakukan distribusi pendapatan agar tidak timbul jurang pemisah yang terlalu lebar antara si kaya dan si miskin. Distribusi pendapatan ini misalnya dilakukanpemerintah melalui penerapan system perpajakan yang dapat membantu masyarakat miskin.

d. Masyarakat luar negeri

Masyarakat luar negeri juga merupakan pelaku ekonomi yang harus diperhitungkan. Tanpa hubungan dengan masyarakat luar negeri, keadaan ekonomi akan semakin buruk.

Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang diperoleh melalui kerja sama dengan masayrakat luar negeri.

1. Pemerintah dapat memperoleh pinjaman untuk membiayai pembangunan

2. Hasil bumi dan hasil kerajinan Indonesia dapat diekspor ke luar negeri untuk mendapatkan devisa.

3. Memungkinkan pengiriman tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri

4. Memungkinkan dilakukannya alih teknologi maju dari masyarakat luar negeri yang sangat bermanfaat baginegeri kita yang sedang membangun.

5. Memungkinkan Negara kita untuk melakukan impor berbagai barang kebutuhan konsumsi dan barang-barang modal untuk menunjang pembangunan.

2. Interaksi Antarpelaku Ekonomi

Dalam melakukan kegiatan ekonomi, keempat pelaku ekonomi yang telah kita bicarakan tadi saling berinteraksi satu sama lain sesuai dengan dengan ragam transaksi yang dilakukan. Rumah tangga keluarga membeli barang-barang konsumsi dari rumah tangga produsen. Sebaliknya, rumah tangga produsen membeli factor-faktor produksi dari rumah tangga keluarga. Perusahaan membayar pajak kepada pemerintah dan sebaliknya pemerintah membangun berbagai sarana dan prasarana umum yang kesemuanya untuk kepentingan rumah tangga keluarga, produsen, dan pemerintah mengekspor barang ke luar negeri. Sebaliknya, dari masyarakat luar negeri kita juga mengimpor barang.

PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI

A. PRINSIP EKONOMI

  1. Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi dapat diartikan dengan tindakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum denganpemanfaatan biaya tertentu.

  1. Politik Ekonomi

Meskipun para pelaku ekonomi telah menjalankan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah perencanaan dan strategi yang disebut sebagai kebijakan ekonomi. Strategi atau kebijakan ekonomi.

Politik adalah upaya ingin memperbaiki kehidupan masyarakat. Politik ekonomi adalah kebijakan yang dijalankan untuk memperbaiki keburukan ekonomi yang sedang berlangsung.

B. MOTIF EKONOMI

Motif dapat disamakan pengertiannya dengan dorongan atau alas an. Motif atau dorongan dalam banyak hal tergantung dari berbagai factor. Ada factor dari dalam dan ada factor dari luar. Faktor pendorong dari dalam ada orang yang motivasinya tinggi untuk untuk melakukan sesuatu, tidak cepat merasa puas, selalu ingin menemukan hal-hal baru, dan berani mengambil risiko. Sebaliknya, ada orang yang motivasinya lemah untuk berbuat sesuatu, kruang mau bisnis, bersifat statis, suka menerimapenghasilan tetap, dan cepat merasa puas menerima keadaan. Sementara itu, factor pendorong dari luar muncul dan lingkungan sekitar invididu, sepertikeluarga, teman, suami/istri, atau relasi. Misalnya dorongan dari keluarga.

1. Pengertian Motif Ekonomi

Motif ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Misalnya memproduksi suatu barang atau menjalankan sebuah perusahaan.

a. Motif ekonomi individu

Adalah ingin meningkatkan taraf hidup.

b. Motif ekonomi perusahaan

Perusahaan mempunyai 3 motif ekonomi, yaitu :

a. Motif mencari keuntungan

Setiap perusahaan termotivasi melakukan kegiatan adalah dalam rangka mencari keuntungan. Dengan kata lain, perusahaan selalu berorientasi pada keuntungan. Keuntungan inilah yang menjadi motor penggerak dalam menjalankan usaha.

b. Motif memproduksi barang dengan harga murah

Dalam rangka menang dalam persaingan, perusahaan memiliki motif untuk memproduksi barang dengan harga murah teapi mempunyai mutu tinggi.

c. Motif menjaga kontinuitas perusahaan

Perusahaan didirikan dalam waktu yang tidak terbatas, tetapi perusahaan tetap ada jika kesinambungannya dijaga yaitu tetap memiliki laba. Dengan demikia, pihak-pihak yang ada di perusahaan tetap dapat melaksanakan aktivitasnya.

7 komentar:

Andy MSE 23 Mei 2009 08.07  

tetap semangat ngeblognya, walaupun pelajaran juga dicatat di sini... InsyaAllah bermanfaat buat yang lain... TOSSS...

LuxsMan Kumara 23 Mei 2009 08.11  

wah aku dahulu masuk IPA jadinya lupa-lupa ingat

C Aminor

ciwir 23 Mei 2009 08.20  

keren bener tulisane...
catetan sekolah dipindah kesini
jiakakakakkkkk

superaman 23 Mei 2009 08.30  

jadi pingin sekolah lagi nih..
btw, maju terus ariebae (goodluck)

kulingetik 23 Mei 2009 19.02  

met pagi semua...
bg @AndyMSE makasi bg atas kunjungannya TOSSSS.....

@LuxManKumara ... ^kenapa blognya mirip kuburan y^ :( *LOL*

@ciwir makasi banyak atas kunjungannya yg keren jiakakakanya...
tulisanny biasa2 aj...(lmao)

@superman... makasi bnyk kunjungannya..
eh ada yg beda the ma superman biasanyakan pake lol2 geto...
tumben,,, g' kebawa ampe sini..
(LOL)

BLOG Lucky Charaka Br. 13 Maret 2011 06.27  

Terima Kasih atas blog yang menarik ini karena dapat membantu saya mengerjakan tugas.

semoga dapat membantu bagi orang - orang lain yang membutuhkan materi ini.
Thank's :D

BLOG Lucky Charaka Br. 13 Maret 2011 06.29  

Terima Kasih atas Blognya yah Bro.
Semoga dalam kedepannya dapat membuat hal-hal yang berguna bagi orang lain.
Trim's :D

Jempolnya Dong...!!!

yahooo misengeR

Pengikut


widgeo
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Gratisan Musik

About this blog



Sebagai kuli ngetik,,,
nyaris tiap hari rie mijitin ne keyboard,,,
**bahkan kata nyaris bisa dihilangkan**
makanya @rie ^bergiat^ buat blog biar apa yg @den kerjakan setiap hari bisa bermanfaat juga u/ org laen...
tapi g' semua yg kita ketik kita postingin disini,,,
harus melalui tahap seleksi dulu donk...
^g' mungkin kale surat cere d publicasikan^
he_3
*moga artikelnya bermanfaat* (cozy) enjoy to my blog,,,,

about me,,, ariebae <~ http://ariebae.co.cc