DASAR-DASAR LOGIKA

Logika berasal dari kata logos yang berasal dari bahasa yunani yang berarti perkataan. Logika diartikan hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan cabang filsafat yang bersifat praktis berpangkal pada penalaran, dan sekaligus sebagai dasar filsafat dan sebagai sarana ilmu.

Berdasarkan proses penalarannya dan juga sifat kesimpulan yang dihasilkannya, logika dibedakan antara logika dedukatif dan logika induktif. Logika deduktif adalah system penalaran yang menelaah prinsip-prinsip penyimpulan yang sah berdasarkan bentuknya serta kesimpulan yang dihasilkan sebagai kemestian diturunkan dari penghal pikirnya.

Logika induktif adalah system penalaran yang menelaah prinsip-prinsip penyimpulan yang sah dari hal khusus ke umum. Logika ini sering disebut juga logika material, yaitu berusaha menemukan prinsip-prinsip penalaran yang bergantung kesesuaiannya dengan kenyataan, oleh karena itu kesimpulannya hanyalah keboleh-jadian, dalam arti selama kesimpulannya tidak ada bukti yang menyangkal maka kesimpulan itu benar.

Sejarah perkembangan logika

Logika pertama-tama disusun oleh aristoteles (384-322 SM). Sebagai sebuah ilmu tentang hukum-hukum berpikir guna memelihara jalan pikiran dari setiap kekeliruan. Kumpulan karya tulis aristoteles mengenai logika diberi nama organon, terdiri atas enam bagian.

Theoprastus (371-287 SM) member sumbangan terbesar dalam logika ialah penafsirannya tentang pengertian yang mungkin dan juga tentang sebuah sifat asasi dari setiap kesimpulan.

Tokoh logika pada zaman Islam adalah Al-Farabi (873-950 M) yang terkenal mahir dalam bahasa griktua.

Petrus Hispanus (meninggal 1277 M) melancarkan serangan sengketa terhadap logika dan menganjurkan penggunaan system induksi secara lebih luas. Pembaruan logika di Barat disusul oleh penulis lain yaitu Gottfried Wilhem von Leibniz.

Demikian juga Leonard Euler, seorang ahli matematika dan logika suliss melakukan pembahasan tentang term-term dengan menggunakan lingkaran-lingkaran untuk melukiskan hubungan antar term yang terkenal dengan sebutan circle – euler.

Perkembangan logika simbolik mencapai puncaknya pada awal abad ke-20.

Kegunaan logika :

1. Membantu setiap orang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren.

2. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif

3. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri

4. Memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis.

5. Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpikir, kekeliruan serta kesesatan.

6. Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.

7. Terhindar dari klenik, gugon – Tuhon (bahasa Jawa)

8. Apabila sudah mampu berpikir rasional, kritis, jurus, metodis dan analitis.

Macam-macam logika

1) Logika alamiah

Logika alamiah adalah kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dipengaruhi kecenderungan-kecenderungan yang subyektif kemampuan logika alamiah manusia ada sejak lahir.

2) Logika ilmiah

Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan, berkat pertolongan logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah dan lebih aman.

REFERENSI

1. Pengantar logika. Azaz-Azaz Penalaran Sistematis oleh Jan Hendrik Rapar. Penerbit Kanisius. ISBN 979 – 497 – 676 – 8.

2. Logika selayang pandang oleh alex lanur ofm. Penerbit kanisius 1983. ISBN 979 – 413 – 124 – 5

0 komentar:

Jempolnya Dong...!!!

yahooo misengeR

Pengikut


widgeo
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Gratisan Musik

About this blog



Sebagai kuli ngetik,,,
nyaris tiap hari rie mijitin ne keyboard,,,
**bahkan kata nyaris bisa dihilangkan**
makanya @rie ^bergiat^ buat blog biar apa yg @den kerjakan setiap hari bisa bermanfaat juga u/ org laen...
tapi g' semua yg kita ketik kita postingin disini,,,
harus melalui tahap seleksi dulu donk...
^g' mungkin kale surat cere d publicasikan^
he_3
*moga artikelnya bermanfaat* (cozy) enjoy to my blog,,,,

about me,,, ariebae <~ http://ariebae.co.cc