DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MODERNISASI DAN GLOBALISASI

Dampak positif dan negatifnya dari segi teknologi, dll

Melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini, menjadikan kita untuk lebih nyata melihat tantangan masa depan bangsa Indonesia. Karena dengan melihat nyata seperti itu, kita menjadi lebih tau terhadap apa yang sedang benar benar terjadi sekarang dan bagaimana cara-cara untuk menghadapi tantangan tersebut. Yang dapat dilihat dari dampak positif dan negatifnya. Salah satu dampak negatifnya adalah penayangan film yang terlalu mengambil unsur kebaratan yang tidak semuanya baik dan penggunaan fasilitas internet yang tidak semua informasi ada yang baik untuk dipergunakan. Budaya barat yang masuk ke Indonesia, ada yang menganggap sebagai penjajahan lewat budaya. Di satu sisi, setiap bangsa tidak ingin tergilas oleh arus globalisasi yang akan melunturkan identitas jati diri bangsa.

Namun di sisi lain, tidak mungkin bagi bangsa untuk menutup diri ditengah ketergantungan kepada bangsa lain. Tetapi tidak berarti bahwa mereka tengah meninggalkan tradisi, keluarga, ajaran agama atau identitas nasional bangsa, bahkan ketika bangsa mampu melakukannya, namun kebanyakan tidak. Dan pada kenyataannya, keterlibatan mereka dalam budaya global menyebabkan bangsa memiliki pilihan yang lebih beragam. Pola pendidikan yang masih kurang baik, karena dipengaruhi oleh salah satu bidang yaitu dari segi ekonomi.

Melihat kondisi bangsa Indonesia yang sekarang dipermainkan oleh modernisasi dan globalisasi, menjadikan tantangan masa depan bagi bangsa Indonesia lebih sulit karena begitu luasnya komunikasi seperti hilangnya jarak penyekat. Dengan masuknya modernisasi dan globalisasi membawa dampak yang sangat besar bagi bangsa Indonesia. Dari satu sisi, kita secara tidak langsung saling ketergantungan pada bangsa lain, terutama dari segi bidang ekonomi. Dari segi ekonomi kita harus saling menjalin kerja sama dengan bangsa lain. Kerja sama Negara-negara ini harus dapat mendorong juga hadirnya aturan yang dapat mengatur aktivitas perusahaan-perusahaan multinasional di suatu Negara. Caranya bisa dimulai dengan memberikan apresiasi yang baik kepada setiap kalangan yang mengusahakan perkembangan kebudayaan daerahnya. Dengan demikian, akan tumbuh kreasi-kreasi baru dari mereka yang tidak mustahil akan diminati pula oleh orang-orang asing.

Secara tidak langsung, modernisasi dan globalisasi masuk lewat perfilman di Indonesia ataupun dari musik yang diperdengarkan karena ada campuran-campuran musik baratnya yang dapat melunturkan atau meninggalkan tradisi yang sebagai identitas nasional bangsa Indonesia. Begitu seimbangnya dampak positif dan dampak negatifnya kita harus pandai memilah-milah. Memang film dan musik barat bisa menghiburkan bahkan menambah pengalaman kehidupan luar yang sangat canggih. Tetapi dari dampak negatifnya dari contoh kecil saja, jika tidak terlalu sering menonton dan mendengarkan budaya luar secara tidak langsung hidup kita akan seperti kabisaan orang luar. Dari musik dan tarian luar terlalu di tonton dan diperdengarkan maka secara tidak langsung pula kita melunturkan atau bahkan meninggalkan tarian dan musik tradisional banga kita sendiri.

Dari berbagai macam kejadian seperti itu, baik dari segi positif dan dari segi negatifnya. Maka dari segi ekonomi, kita bisa bekerja sama dengan negara lain. Dari segi budaya, lebih memperketatnya budaya yang masuk ke Indonesia. Dan bisa menemukan orang yang dapat merespon pemilihan budaya dan pertumbuhan ekonomi, maka dapat dilakukan dengan pendidikan yang baik dengan meminta perhatian yang cukup dari pemerintah untuk penataan pendidikan. Karena pendidikan merupakan jembatan emas menuju suatu masyarakat yang cerdas, bermoral, dan berbudaya. Dengan bekal yang cukup lewat pendidikan dan di dukung juga dari kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan dampak positif dan negatif dari modernisasi dan globalisasi dari segi bidang apapun.

Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif.Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.

Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.

Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.

Namun, sisi negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.

Akses negatif lewat internet Pengaruh negatif lain, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Meski demikian, mengajarkan internet bagi anak di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.

0 komentar:

Jempolnya Dong...!!!

yahooo misengeR

Pengikut


widgeo
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Gratisan Musik

About this blog



Sebagai kuli ngetik,,,
nyaris tiap hari rie mijitin ne keyboard,,,
**bahkan kata nyaris bisa dihilangkan**
makanya @rie ^bergiat^ buat blog biar apa yg @den kerjakan setiap hari bisa bermanfaat juga u/ org laen...
tapi g' semua yg kita ketik kita postingin disini,,,
harus melalui tahap seleksi dulu donk...
^g' mungkin kale surat cere d publicasikan^
he_3
*moga artikelnya bermanfaat* (cozy) enjoy to my blog,,,,

about me,,, ariebae <~ http://ariebae.co.cc