MALAYSIA

NEGARA DI KAWASAN ASIA TENGGARA

a. Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara kerajaan federal yang didirikan pada 16 September 1963. Malaysia terdiri atas 13 negara bagian, sembilan di antaranya dikepalai oleh sultan dan empat lainnya oleh keturunan bangsawan. Tampuk pemerintahan Malaysia dipegang oleh seorang perdana menteri. Adapun kepala negaranya adalah Yang dipertuan Agong yang dipilih setiap lima tahun sekali dari dan oleh kesembilan sultan. Malaysia beribu kota Kuala Lumpur sebagai ibu kota legislatif dan Putra Jaya sebagai ibu kota administratif.

1. Letak dan Batas Negara

Secara astromomis, Malaysia terletak pada 10 LU – 70 LU dan 1000 BT – 1190 BT. Luas Malaysia secara keseluruhan adalah 329.758 km2. Malaysia memiliki batas-batas negara sebagai berikut :

a) Sebelah utara dengan negara Thailand dan Laut Cina Selatan

b) Sebelah timur dengan Laut Sulu dan laut Sulawesi

c) Sebelah selatan dengan negara Indonesia dan Singapura

d) Sebelah barat dengan Selat Malaka dan Pulau Sumatra yang termasuk wilayah Indonesia.

2. Bentang Alam

Wilayah Malaysia Barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Mediterania dengan puncak tertinggi adalah Gunung Tahan (2.190 m). di wilayah Malaysia Timur puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.101 m)

Sungai terpanjang di Malaysia adalah Sungai Kinabatangan (550 km) dan Sungai Rajang (560 km). Sungai lainnya, seperti Sungai Pahang (450 km) dan Sungai Baram (440 km).

3. Iklim

Malaysia dipengaruhi iklim laut khatulistiwa yang ditandai dengan sering terjadinya hujan lebat, suhu rata-rata tinggi, dan pembalikan arah angina sesuai dengan musim.

4. Penduduk

Penduduk Malaysia pada tahun 2006 berjumlah 26.900.000 jiwa Angka pertumbuhan penduduknya mencapai 1,6%. Penduduk Malaysia terdiri atas suku bangsa Melayu (65%), Cina (26%), India (8%), dan laiinya (1%). Penduduk asli Malaysia adalah orang Semang dan Sakai. Mereka tinggal di sekitar hutan. Bahasa yang umum digunakan penduduk Malaysia ada empat, yaitu bahasa Melayu, Inggris, Cina, dan Tamil. Adapun agama mayoritas yang dianut, yakni agama Islam (48%), aliran kepercayaan (24%), Buddha (7%), Kristen (8%), Hindu (7%), dan Lainnya (6%).

5. Perekonomian

Pertanian merupakan sumber mata pencaharian bagi sekitar 40% penduduk Malaysia. Hasil tambang utama Malaysia adalah timah. Malaysia merupakan negara penghasil dan pengekspor timah terbesar di dunia. Timah tersebut berasal dari negara bagian Perak dan dan sekitar Kuala Lumpur yang dikapalkan lewat pelabuhan Kelang.

Daerah perindustrian Malaysia adalah Kuala Lumpur dan Pelabuhan Kelang.



0 komentar:

Jempolnya Dong...!!!

yahooo misengeR

Pengikut


widgeo
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Gratisan Musik

About this blog



Sebagai kuli ngetik,,,
nyaris tiap hari rie mijitin ne keyboard,,,
**bahkan kata nyaris bisa dihilangkan**
makanya @rie ^bergiat^ buat blog biar apa yg @den kerjakan setiap hari bisa bermanfaat juga u/ org laen...
tapi g' semua yg kita ketik kita postingin disini,,,
harus melalui tahap seleksi dulu donk...
^g' mungkin kale surat cere d publicasikan^
he_3
*moga artikelnya bermanfaat* (cozy) enjoy to my blog,,,,

about me,,, ariebae <~ http://ariebae.co.cc