PERTEMPURAN SURABAYA

MEMBAHAS MENGENAI PERTEMPURAN SURABAYA

10 NOVEMBER 1945

1. Sebab terjadinya perlawanan ?

è Pasukan Inggris yang dipimpin oleh Brigjen A.W.S Mallaby yang dating ke Indonesia mengingkari perjanjian yang telah disepakati dengan Gubernur Jawa Timur R.M.T.A Suryo Sehingga pertempuran terjadi.

2. Siapa tokoh – tokoh pemimpin

è Tentara Inggris dipimpin oleh Jendral A.W.S Mallaby lalu digantikan oleh Jendral E.C. Marsergh.

3. Bagaimana jalannya perlawanan?

è Awalnya terjadi perlawanan karena pasukan Inggris yang dipimpin oleh Jendral A.W.S Mallaby mengingkari perjanjian yang telah disepakati dengan Gubernur Jawa Timur, pertempuran dapat dihentikan sejenak karena pihak Inggri / sekutu dan pihak Indonesia mengadakan pertemuan dan merundingkan permasalahan tersebut. Perundingan itu menghasilkan penghentian kontak senjata dan membentuk badan anggota yang dinamakan kotak biro yang beranggotakan unsur pemerintah RI di Surabaya. Anggota kotak biro mendatangai tempat-tempat terjadinya kontak senjata tempat terakhir yang dikunjungi adalah gedung bank interario di jembatan merah. Gedung itu masih diduduki oleh tentara Inggris yang terkepung oleh para pemuda Indonesia, mereka menuntut agar pasukan Mallaby menyerah, tapi Mallaby tidak bias terima tuntutan itu. Aksi tembak-menembak tak terelakkan lagi, Mallaby tewas terbunuh di gedung itu pihak sekutu / Inggris pun tidak terima mereka menuntut pertanggung jawaban atas kematian mallaby, mereka memperingatkan agar rakyat Surabaya menyerah. Tapi, arek-arek Surabaya tidak mempedulikan peringatan itu, pihak sekutu / Inggrispun mengeluarkan ultimatum jika rakyat Surabaya tidak mau menyerah maka mereka akan dihancurleburkan. Batas waktu yang ditentukan adalah pukul 06.00 10 November 1945 tetap saja arek-arek Surabaya tidak mengindahkan ultimatum itu akhirnya pertempuran pun terjadi.

4. Bagaimana akhir dari perlawanan?

è Para pemuda Surabaya berhasil mempertahankan kota Surabaya hamper selama 3 minggu lamanya. Pertempuran terakhir selama 3 minggu lamanya. Pertempuran terakhir terjadi di gunung sari pada tanggal 28 November 1945. akhir dari perlawanan adalah ribuan rakyat banyak menjadi korban.


0 komentar:

Jempolnya Dong...!!!

yahooo misengeR

Pengikut


widgeo
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x



Gratisan Musik

About this blog



Sebagai kuli ngetik,,,
nyaris tiap hari rie mijitin ne keyboard,,,
**bahkan kata nyaris bisa dihilangkan**
makanya @rie ^bergiat^ buat blog biar apa yg @den kerjakan setiap hari bisa bermanfaat juga u/ org laen...
tapi g' semua yg kita ketik kita postingin disini,,,
harus melalui tahap seleksi dulu donk...
^g' mungkin kale surat cere d publicasikan^
he_3
*moga artikelnya bermanfaat* (cozy) enjoy to my blog,,,,

about me,,, ariebae <~ http://ariebae.co.cc